dropdown_menu

Kamis, 27 September 2018

Cara Mengakses Mikrotik

Terdapat berbagai cara untuk mengakses router mikrotik, disini akan saya jelaskan satu per satu cara mengakses router mikrotik.




Secara default, sebagian besar routerboard memiliki IP address 192.168.88.1/24 pada interface ether2 sampai ether5. dan memiliki username admin tanpa password.

Berikut akan saya jelaskan beberapa cara mengakses router mikrotik.

Akses Via Keyboard
Cara yang pertama ini hanya bisa dilakukan jika Mikrotik RouterOS terletak di PC, artinya kita menginstall langsung sistem operasi mikrotik pada sebuah PC. sehingga kita dapat melakukan konfigurasi secara langsung menggunakan keyboard.
Namun akses secara langsung ini tidak dapat menggunakan mode GUI.
Karena diakses secara langsung, maka cara pertama ini tidak perlu melakukan konfigurasi IP address terlebih dahulu.

Akses Via Serial Console
Cara yang kedua ini hanya untuk beberapa jenis routerboard tertentu. dimana routerboard tersebut memiliki port serial console seperti RB450G. dan hanya dapat diakses pada mode text.


Akses Via Telnet / SSH
Untuk cara yang ketiga ini kita diharuskan untuk melakukan konfigurasi IP pada salah satu interface mikrotik. setelah itu kita dapat memanggil ip dari mikrotik melalui telnet maupun ssh.



Akses Via Winbox
Winbox merupakan sebuah tools berbasis windows yang  digunakan untuk mengakses mikrotik. 
Dengan winbox, kita dapat mengakses mikrotik routerOS dengan mode GUI menggunakan koneksi layer 2 (MAC address) maupun layer 3 (IP address).
Hubungkan kabel jaringan antara PC/laptop denngan routerboard pada interface 2 - 5, kemudian buka winbox dan klik pada menu Neighbors. jika router sudah terhubung, biasanya akan terdapat informasi alamat mac address dan ip address serta nama dan jenis dari mikrotik seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Tampilan Winbox

Jika ingin mengakses menggunakan mac address, kita tidak perlu konfigurasi ip pada laptop/PC, klik alamat mac address kemudian masukkan username admin tanpa password, kemudian klik connect.

Akses Menggunakan MAC address

namun jika mengakses menggunakan ip, pastikan laptop/PC telah dikonfigurasi IP dan sudah terhubung dengan routerboard. jika sudah terhubung, klik pada IP kemudian masukkan username dan password lalu klik Connect.
Akses Menggunakan IP address

Akses Via FTP
Akses via FTP hanya digunakan untuk mengupload maupun mendownload file dari routerOS. kita tidak dapat melakukan konfigurasi jika mengakses via FTP.
Untuk mengakses menggunakan FTP, kita membutuhkan aplikasi FTP client. salah satunya filezilla.

Akses Via API (Application Programming Interface)
API merupakan sekumpulan perintah, fungsi serta protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak sistem operasi tertentu. (Sumber : wikipedia)
dengan API, kita dapat melakukan konfigurasi mikrotik menggunakan aplikasi buatan kita sendiri. 

Akses Via Web HTTP
Akses via web dapat kita lakukan jika antara komputer/laptop dan router mikrotik telah terhubung menggunakan layer 3. caranya cukup buka browser dan masukkan ip router pada address bar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar