dropdown_menu

Senin, 10 September 2018

Berkenalan dengan Cisco


Cisco system Inc. merupakan sebuah perusahaan global dalam bidang telekomunikasi yang berada di California, Amerika Serikat. 
Perusahaan cisco didirikan oleh Len Bosack, Sandy Lerner dan Richard Troiano pada tahun 1984.

Bagi siswa TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) atau orang yang bekerja dibidang jaringan komputer, pengetahuan akan cisco sangatlah penting, karena sampai sekarang, produk-produk cisco paling banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan besar. karena cisco telah terkenal akan kehandalannya dalam menangani jaringan.
Cisco juga mengeluarkan sertifikat bagi seseorang yang telah menguasai materi tertentu. secara umum sertifikasi cisco dibagi menjadi 3 jenjang, yaitu Associate, Profesional, dan expert.


Associate Level : Sertifikasi CCNA (Cisco Certified Network Associate)


Sertifikasi cisco CCNA merupakan sertifikasi keahlian jaringan komputer dari cisco untuk jennang entry level atau pemula. dimana pemilik sertifikasi ini diharapkan mampu mendesain, membangun, dan melaksanakan maintenance sistem LAN/WAN dengan jumlah perangkat jaringan sampai 100 perangkat. 
Pemilik sertifikasi CCNA selanjutnya dapat mengambil spesialisasi jaringan kompuyer yakni : CCNA Telepresence, CCNA Security, dan CCNA Wireless. Untuk mendapatkan sertifikasi CCNA, anda dapat mengikuti training yang diselenggarakan oleh Cisco Networking Academy atau Cisco Learning Partner dan dilanjutkan dengan exam.

Profesional Level : Sertifikasi CCNP (Cisco Certified Network Profesional)

Merupakan sertifikasi keahlian jaringan komputer dari cisco yang menunjukkan bahwa pemiliknya memiliki keahlian di level profesional. Pemilik sertifikasi ini mampu merancang, membangun, dan melaksanakan maintenance perangkat jaringan komputer LAN/WAN sampai 500 devices. Untuk memiliki sertifikasi CCNP, kita diharuskan telah memiliki sertifikasi cisco CCNA. pada level profesional selain CCNP juga ada sertifikasi lain yang memiliki jenjang yang sama yaitu CCDP, CCIP, CCSP, CCVP.


Expert Level : Sertifikasi CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)

Pada jenjang paling tinggi ini pemilik sertifikat dapat dikatakan sebagai pakar dalam teknologi jaringan sesuai dengan kualifikasi yang tertera pada sertifikat tersebut. pada Ujian CCIE ini selain written (tes tulis) juga tes praktek sehingga tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar