dropdown_menu

Senin, 22 Oktober 2018

Console Mikrotik

Console digunakan untuk mengakses dan mengkonfigurasi mikrotik menggunakan text pada terminal. kita dapat melakukan remote menggunakan beberapa cara diantaranya serial port, telnet, SSH, console pada winbox, atau langsung menggunakan layar monitor dan keyboard.

Dengan console, kita dapat melakukan konfigurasi router menggunakan perintah text. Terdapat banyak sekali perintah yang dapat digunakan yang dibagi kedalam group yang diorganisir secara hirarki level menu. Nama dari menu merepresentasikan informasi konfigurasi yang dapat diakses. contoh : /ip route print



Kita juga dapat mengetikkan perintah diatas secara terpisah. misal ip route saja, ini berarti secara hirarki kita masuk ke dalam menu ip -> route, baru kemudian kita ketikkan perintah print.

Perhatikan, bahwa perubahan prompt mencerminkan dimana anda berada pada hirarki menu saat ini.
Untuk berpindah ke top level menu, ketik "/"

Untuk berpindah 1 level diatasnya, kita bisa mengetikkan ".."
Kita juga dapat menggunakan perintah "/" atau ".." untuk menjalankan perintah yang berada pada level menu yang berbeda tanpa harus berpindah level menu terlebih dahulu.

Banyak level perintah yang dijalankan menggunakan nomor urut dari sebuah item. seperti : interface, routes, users, dll. Urutan tersebut ditampilkan dalam sebuah list. Semua item pada list tersebut pasti memiliki nomor urut yang merupakan sebuah penanda. 
Untuk merubah properties dari sebuah item, kita dapat menggunakan perintah set dan diikuti nomor urut penanda dari item tersebut.

Nama Item.
beberapa list sebuah item memiliki nama yang spesifik seperti interfaces atau users. disana kita dapat menggunakan nama item, bukan nomor item.
Nomor item dapat digunakan untuk operasi add, remove. 

Tips Mengetik perintah secara cepat.
Terdapat 2 fitur yang ada pada console untuk membantu dalam mempercepat proses penulisan sebuah perintah yakni tombol Tab dan singkatan dari nama menu yang bersangkutan.
Contoh :
/int[Tab] maka akan muncul /interface
/interface set e[Tab] maka akan muncul /interface set ether

Kita juga dapat menggunakan singkatan dari menu tertentu untuk mempercepat proses pengetikan perintah.
Contoh :
pi 10.1 c 3 si 100 perintah tersebut merepresentasikan perintah ping 10.0.0.1 count 3 size 100

Perintah Umum yang sering digunakan.
Terdapat beberapa perintah yang terdapat pada semua level menu seperti print, set, remove, add, find, export, enable, disable, comment. Perintah-perintah tersebut memiliki fungsi yang sama pada semua level menu.

Sumber : wiki.mikrotik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar